Rabu, 06 Oktober 2010

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

*Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis,rohani,dan istilah kebudayaan atau secara campuran.Secara biologis,manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (bahasa latin untuk manusia).Manusia telah diciptakan dengan mempunyai kemampuan otak atau berfikir yang tinggi dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lainnya dan manusia tidak dapat hidup tanpa adanya sosialisasi dengan satu sama lain, adanya suatu komunikasi kelompok dan upaya untuk saling berkomunikasi.

1. HAKEKAT MANUSIA

Pada hakekatnya manusia dapat memenuhi kebutuhannya sendiri,membantu sesama manusia,individu yang tidak lepas dari lingkungan sosial,dan mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya,
manusia pada hakekatnya saling berinteraksi secara kelompok,manusia tidak dapat hidup dengan tidak adanya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, hidup manusia saling ketergantungan satu sama lain karena manusia adalah makhluk sosial.


2. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

kepribadian itu sendiri dimaksudkan dengan arti suatu sifat atau karakter yang dimiliki setiap manusia sejak diciptakan dengan kepribadian yang berbeda-beda atau karakter seseorang dengan lingkungannya.
kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi,bangsa timur mempunyai rasa solidaritas yang tinggi,sifat yang ditunjukan oleh bangsa timur adalah agar mempererat tali persaudaraan,bangsa timur itu sendiri juga masih memiliki kebudayaan yang sangat kental seperti upacara-upacara adat yang terdapat pada daerah-daerah tertentu.


3. BAGAN PSIKO-SOSIOGRAM MANUSIA

Nomor 7 dan 6 disebut sebagai daerah tak sadar dan sub sadar. Tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri. Sub sadar karena sewaktu – waktu unsur – unsur yang sudah tertanam bisa meledak keluar lagi dan mengganggu kebiasaan sehari – hari.
Nomor 5 disebut kesadaran yang tidak dinyatakan. Maksudnya pikiran – pikiran dan gagasan yang ada disimpan sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat mengetahuinya. Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan. kebalikan dari nomor 5, ini berarti manusia mengungkapkankepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya.
Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib. Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan. Tidak selalu manusia yang lain juga melainkan benda, atau makhluk hidup lain pun bisa berada pada lingkaran ini. Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli.
Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal. Nomor 0 disebut lingkungan dunia luar yang berarti tentang pendapat dan pikiran seseorang tentang dunia atau daerah yang belum pernah dikunjungi atau dijumpai.


4. KEBUDAYAAN

Kebudayaan adalah Membentuk budi daya manusia ( akal,pikiran,nurani ), karya atau membuat berkarya ( hasil cipta karsa dan rasa ).Dimanapun kita ditempatkan kita bisa menyesuaikan dengan budaya sendiri,kebudayaan mempunyai berbagai macam keragaman budaya yang berbeda-beda disetiap daerah atau negara,dengan adanya keanekaragaman budaya itu maka kita dapat mempelajari atau memahami bermacam-macam budaya yang ada disekitar kita.

5. UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

7 unsur-unsur kebudayaan universal :

1. Sistem Religi
kepercayaan kepada Sang Pencipta dan Maha Kuasa

2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Sistem yang lebih peduli dengan lingkungan sekitar dalam kita hidup bermasyarakat dan saling ketergantungan satu sama lain.

3. Sistem Pengetahuan
Sistem yang memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula.

4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem-sistem ekonomi
Sistem yang membutuhkan kebutuhan keperluan hidup sehari-hari
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
Sistem yang memperkenalkan kita terhadap teknologi-teknologi yang baru dan dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari
6. Bahasa
Cara mudah untuk kita berkomunikasi antar sesama manusia
7. Kesenian
Selain mereka memenuhi kebutuhan fisik manusia,mereka juga membutuhkan kesenian.


6. KEBUDAYAAN DALAM BENTUK 2 WUJUD

1. Kebudayaan Material
Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret.

2. Kebudayaan nonmaterial
Ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi


7. 3 WUJUD KEBUDAYAAN MENURUT DIMENSI WUJUDNYA

A. Kompleks gagasan,konsep dan pikiran manusia
Kebudayaan yang muncul dan hidup karen adanya gagasan-gagasan baru

B. Kompleks aktivitas
Suatu aktivitas / kegiatan yang dijalankan setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari

C. Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia sehari-hari dengan menggunakan benda yang konkret


8. ORIENTASI NILAI BUDAYA

Adapun masalah-masalah dalam kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya:
Banyak sekali sekarang-sekarang ini manusia yang tidak lagi memiliki rasa kebudayaan yang tinggi, dan tidak memperdulikan sistem nilai budaya pada saat ini,adapun sistem nilai budaya tersebut masih diterapkan hanya didaerah-daerah tertentu saja.

9. PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Perubahan kebudayaan baru / kebudayaan asing sangat kita rasakan dinegara kita dikarenakan kita tidak lagi peduli oleh kebudayaan dari negara kita sendiri sehingga pada zaman sekarang ini kebudayaan baru yang saat ini kita rasakan sangat mempengaruhi oleh kehidupan kita,dapat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan hidup dan perubahan jumlah penduduk, seharusnya kita dapat melestarikan dan menjaga kebudayaan dari negara kita sendiri

10. KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Hubungan antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat dan hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan.
Adapun salah satu contoh hubungan antara manusia dan kebudayaan yaitu bagaimana kita sebagai manusia dapat melestarikan kebudayaan yang kita miliki seperti upacara-upacara adat yang masih dilakukan oleh daerah-daerah tertentu, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis.Adapun 3 tahap dalam proses dialektis:
- Eksternalisasi : proses dimana manusia mengapresiasikan dirinya
- Obyektivitas: proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif
- Internalisasi : proses dimana masyarakat kembali dipelajari manusia



SUMBER:
pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_12.html
RioHode Zone
Arikaka.com
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar